Bila Cinta Harus Memilih


Bel masuk sekolah membuat suasana menjadi ramai, sebagian anak-anak kelas 2 B mempersiapkan catatan kecil yang ditulis di meja untuk nyontek karena konon kabarnya pagi itu akan diadakan ulangan matematika Pak Budi yang super killer itu. Tapi sebagian yang lain seperti gak takut akan adanya ulangan matematika, malahan mereka pada ngerumpi masalah aktual seputar film, hiburan dan terutama cowok dan cewek mereka.

Wawan salah satu makhluk penghuni kelas 2 B yang termasuk anak rajin dan selalu dapat ringking itu kelihatan santai kaya gak akan terjadi apa-apa aja pagi itu. Dia malah sedang asyik mencorat-coret buku tulisnya dengan beberapa huruf yang dirangkai menjadi sebuah nama. Mungkin dialah nama yang menjadi pujaan hati Wawan. Ya Anggi nama gadis imut-imut bendahara Rohis yang terkenal ulet dan pantang menyerah dan berpenampilan cool itu ternyata telah berhasil mengisi renung hati Wawan.

“Kamu sungguh manis Nggi, manis orangnya dan manis kepribadiannya” gumam Wawan dalam hati.
“Anggi, andai aja kaMu tau perasaanku padamu, apakah kamu akan menerimanya?” Wawan terus-menghayal tanpa memperhatikan Pak Budi yang sudah berdiri di depan pintu Kelas 2B.

Makalah Sejarah Pelayaran Bangsa Eropa

BAB I
PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang Permasalahan
Zaman penjajahan (Age Of exlration) di mulai pada awal abad ke 15 di Eropa sampai abad ke 17. Pada masa ini, kapal-kapal bangsa Eropa menjelajahi samudra di seluruh dunia dengan harapan menemukan jalur-jalur perdagangan dan sumber-sumber kekayaan yang menandai berkembangnya kapitalisme dan kolonialisme. Mereka mencari kekayaan berupa emas, perak atau komoditi dagang yang berharga seperti rempah-rempah. Pada proses pencariain ini, bangsa eropa mulai mengenal wilayah-wilayah dan orang-orang yang sebelumnya belum kenal.
Zaman ini telah dimulai dengan serangkaian perjalanan darat yang telah dilakukan oleh pedagang Eropa pada akhir abad pertengahan. Para pedagang ini telah berdagang dengan dunia Timur melalui jalur sutera yang terbentang sepanjang eropa. Lantas dengan penemuan teknologi maka para pedagang ini membuka jalur perdagangan yang disebut jalur Emas atau Cengkeh. Penjelajah tersebut seperti bartholomeus Diaz yang sampai ke tanjung Harapan, dll.

b.      Perumuasan Permasalahan
Dalam makalah ini penulis merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
Ø  Siapa saja yang membuka jalan pelayaran ke dunia timur.
Ø  Bagaimana perjalanan penjelajah sampai ke dunia timur.
Ø  Apa saja yang di lakukan penjelajah benua dalam menemukan dunia timur.


c.       Tujuan Permasalahan
Pembuatan makalah ini bertujuan sebagai berikut:
Ø  Memahami lebih dalam sedikit tentang pelaku pelayaran benua Eropa.
Ø  Mendalami dan memahami peranan para penemu benua timur.
Ø  Menambah pengetahuan pembaca akan sejarah pelayaran ke benua timur.
Ø  Merupakan salah satu syarat untuk memperoleh nilai dalam perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah ini, yaitu Sejarah Indonesia III.

 
Copyright © Historia Vitae Magistra. Design by Templateezy